SKENARIO PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) SDN PANGARANGAN III KEC. KOTA SUMENEP


Pada masa pandemi Covid-19 ini daerah yang berstatus Zona merah, kuning dan oranye dilarang melakukan pembelajaran tatap muka. hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim dalam Konferensi Pers secara daring pada hari Senin (15/06/2020). sedangkan untuk daerah yang berstatus Zona hijau boleh mengadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan syarat harus melaksanakan protokoler yang ketat.



"Zona merah, kuning dan oranye dilarang melakukan pembelajaran tatap muka" Ujar Bapak Nadiem Makarim pada Konferensi Pers secara daring pada hari Senin tanggal 15 Juni 2020.
Dan juga beliau menambahkan bahwa : "6 persen zona hijau yang kami persilahkan pemerintah daerah melakukan pembelajaran tatap muka dengan protokol ketat" tambahnya.

maka dari hal tersebut, SDN. Pangarangan III membuat skenario pembelajaran dari (Dalam Jaringan) tahun pelajaran 2020/2021, karena di Sumenep merupakan daerah yang berstatus Zona Merah.
Skenario pembelajaran daring tersebut akan diberlakukan pada tahun pelajaran baru ini tepatnya pada tanggal 13 Juli 2020, pembelajaran yang menggunakan Model Interaktif Berbasis Internet dan Learning Manajemen System (LMS).

Pembelajaran Daring tersebut pastinya memerlukan media yang menjadi transportasi pendistribusian materi pembelajaran ke siswa, tentunya transportasi tersebut yang bisa memudahkan siswa dalam hal akses, rendah kuota internet dan juga simpel.

SKENARIO PEMBELAJARAN DARING.
Skenario Pembelajaran Daring terkonsep dengan alur seperti gambar dibawah ini :

dengan menggunkan transportasi Whatsapp, guru bisa mentransfer materi dengan mudah, simple, mobilitas dinamis, efektif tanpa sosialisasi ke wali murid atau siswa, alipkasi familar, dan lebih komunikatif.

  1. Guru Memproduksi Video Pembelaran, dengan shooting mandiri menggunakan HP.
  2. Hasil dari produksi video disetor atau dikirim ke operator sekolah untuk dipublikasikan via Youtube.
  3. Operator membagikan link youtube ke setiap guru yang sudah terupload
  4. Guru membagikan link youtube ke grup Whatsapp kelas. 
  5. Kegiatan belajar mengajar daring akan dibimbing oleh guru melalui via Whatssapp grup dengan acuan materi pada link youtube.
Metode pembelajaran di Whatsapp grup nantinya akan menggunakan metode :

  1. Diskusi
  2. Demonstrasi
  3. Resitasi
  4. Percobaan
  5. Latihan Keterampilan (kecakapan hidup dalam menghadapi Covid-19 seperti mencuci tangan, menggunakan masker, hindari kerumunan, olah raga, jaga kesehatan, makan-makanan bergizi, hindari stres, dll

untuk melihat konsep skenario pembelajaran daring SDN Pangarangan III bisa didownload di sini.

0 Komentar