A. TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan Pendidikan
Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik seutuhnya agar menjadi
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab. (Permendiknas No 20 tahun 2003)
Tujuan
pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut.
B.
VISI DAN MISI
VISI SEKOLAH
Visi Sekolah Dasar Negeri Pangarangan
III yaitu “Berakhlakul Karimah, Unggul, Berprestasi, dan Berwawasan Lingkungan”. Adapun Indikator Visi Sekolah sebagai berikut
:
1.
Berakhlakul
Karimah
-
Patuh
dan Taat kepada orang tua dan guru
-
Bersikap
Ramah, Sopan, dan Santun
-
Menghargai
perbedaan, Menyayangi yang lebih muda, dan menghormati yang lebih tua
-
Menerapkan
3S (Senyum, Sapa, dan Salam)
-
Menunjukkan
perilaku terpuji terhadap orang lain
-
Menjalankan
tata tertib, aturan dan norma yang berlaku sesuai dengan lingkungan sekitarnya.
2.
Unggul
-
Mampu
menunjukkan kemampuannya dalam bidang sesuai dengan bakat yang dimiliki
-
Berusaha
untuk mendalami, menggali, dan mengembangkan bakat yang dimiliki
-
Menyalurkan
bakat yang dimiliki baik melalui wadah yang disediakan sekolah
(ekstrakurikuler) atau diluar ekstrakulikuler
3.
Berprestasi
-
Meraih
nilai Ujian Nasional sesuai dengan yang diharapkan
-
Meraih
gelar juara baik tingkat lokal (sekolah), kecamatan, kabupaten, provinsi, dan
nasional.
-
Memiliki
semangat berkompetisi yang sehat
4.
Berwawasan
Lingkungan
-
Memiliki
rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar
-
Menjaga,
melestarikan, dan merawat lingkungan sekitar
-
Tidak
merusak, mengotori lingkungan sekitar
-
Menjaga
kebersihan sekolah, rumah dan lingkungan sekitar
-
Mengajak
orang lain untuk merawat, melestarikan, dan menjaga lingkungan
-
Menjadi
pioner dalam hal lingkungan
MISI SEKOLAH
Sekolah Dasar
Negeri Pangarangan III mempunyai misi (tugas) sekolah sebagai berikut:
1. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran
aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan Contectual Teaching Learning
(CTL) serta Discovery Teaching Learning (DTL) yang berorientasi kepada Broad
Base Education (BBE) atau Pendidikan Berbasis Luas untuk mengembangkan life
skill (kecakapan/keterampilan hidup).
2. Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap agama yang
dianut dan budaya bangsa, serta adat
ketimuran, sehingga menjadi sumber inspirasi dan kearifan dalam berpikir,
bertindak, berperilaku, di suatu saat kemudian dapat memberikan
kebijakan dan keputusan yang memiliki nilai demokratis yang berkeadilan.
3. Menumbuhkan semangat untuk
meningkatkan kompetensi akademik dan non akademik secara seimbang dan selaras
antara ranah kognitif, afektif, dan psikho motor sehingga berani bersaing di setiap event
kompetisi secara jujur dan sportif
4. Menyelenggarakan
pendidikan dengan sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) secara komprehensip
yang didukung oleh semua stake hoder (pemangku kepentingan di bidang
pendidikan) di Sekolah Dasar berdasarkan
Pancasila dan Undang –Undang dasar 1945, serta berazaskan iman dan taqwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
5. Menumbuhkembangkan penghayatan
olah raga, kesehatan jasmani dan rohani, seni, budaya, serta ketrampilan sehingga menghasilkan sifat sportifitas,
jujur, berjiwa besar, lapang dada, dan memiliki rasa estetis dalam kehidupan
yang harmoni di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara.
6. Mendorong dan membantu setiap
siswa untuk mengenali, memahami, menghayati tentang potensi diri sehingga dapat
dikembangkan secara optimal sesuai dengan bakat, minat, dan cita-cita
7. Menumbuhkan sikap kesadaran
untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar
C.
TUJUAN SEKOLAH
1.
Mampu mengembangkan pola
pembelajaran PAKEM berbasis elektronik
/IT ( e- learning )/Digital
School yang memberi
nilai tambah dan bermakna bagi siswa.
2.
Mampu mengembangkan
kapasitas guru sebagai pengelola kelas yang handal, fasilitator yang membimbing dan teladan utama
di kelasnya, serta berperan sebagai guru bimbingan dan konseling.
3.
Mampu mencetak generasi bangsa yang sehat,
berakhlakul karimah dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan
4. Mampu mengamalkan ajaran
agama hasil proses pembelajaran dan
kegiatan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari
5.
Meraih prestasi akademik
dan non akademik minimal tingkat kabupaten.
6.
Meraih
prestasi di bidang IPTEK,
olahraga, seni dan budaya
7.
Sekolah mampu
mengimplementasikan MBS dengan baik.
8. Sekolah mampu melestarikanseni budaya dan keterampilan sebagai bekal kehidupan bermasyarakat
dan bernegara.
9. Terciptanya
lingkungan sekolah yang bersih , sehat dan indah serta didesain untuk bisa
digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa