Penguatan Kurikulum Nasional dalam Pembelajaran: Workshop Intensif 3 Hari di SDN Pangarangan III, Sumenep


Sumenep, 4-6 Juli 2024 - Dalam upaya memperkuat kurikulum nasional dan mempersiapkan para guru menghadapi tahun pelajaran baru 2024/2025, SDN Pangarangan III di Sumenep mengadakan workshop selama tiga hari. Workshop ini menghadirkan Widayanti, M.PD., seorang Instruktur Guru Penggerak Nasional, sebagai narasumber utama.

Penguatan Kurikulum Nasional dalam Pembelajaran: Workshop Intensif 3 Hari di SDN Pangarangan III, Sumenep


Hari Pertama: Membedah Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Workshop dimulai dengan penjelasan mendalam tentang Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Widayanti menjelaskan pentingnya memahami setiap komponen ini untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan terstruktur.

"CP, TP, dan ATP adalah fondasi dari kurikulum. Tanpa pemahaman yang kuat tentang ini, guru akan kesulitan menyusun rencana pembelajaran yang efektif," ujar Widayanti.

Para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berlatih menyusun CP, TP, dan ATP secara kolaboratif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis dan kemampuan menyusun rencana pembelajaran yang sistematis.

Hari Kedua: Modul Ajar

Pada hari kedua, fokus beralih ke pembuatan Modul Ajar. Widayanti menekankan pentingnya modul ajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

"Modul ajar harus disusun dengan memperhatikan kebutuhan siswa dan konteks lokal. Hal ini akan membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik bagi siswa," jelasnya.

Para peserta diajarkan teknik-teknik menyusun modul ajar yang kreatif dan interaktif. Mereka juga diberikan kesempatan untuk mempresentasikan modul ajar yang telah disusun dan mendapatkan masukan dari narasumber serta sesama peserta.

Hari Ketiga: Asesmen

Workshop ditutup dengan sesi tentang Asesmen. Widayanti menjelaskan berbagai jenis asesmen dan bagaimana cara menggunakannya untuk mengukur pencapaian siswa secara komprehensif.

"Asesmen bukan hanya untuk mengukur hasil belajar siswa, tetapi juga sebagai alat bagi guru untuk mengevaluasi dan memperbaiki metode pengajaran mereka," kata Widayanti.

Para peserta diberi pelatihan tentang cara merancang dan mengimplementasikan asesmen yang efektif. Mereka juga diajak untuk berdiskusi tentang tantangan yang dihadapi dalam asesmen dan bagaimana cara mengatasinya.

Penguatan Kurikulum Nasional dalam Pembelajaran: Workshop Intensif 3 Hari di SDN Pangarangan III, Sumenep


Tujuan Workshop: Mempersiapkan Tahun Pelajaran Baru

Menurut kepala sekolah SDN Pangarangan III, workshop ini bertujuan untuk menyiapkan para guru dalam menyambut tahun pelajaran baru 2024/2025.

"Kami ingin memastikan bahwa para guru siap dengan kurikulum yang baru dan mampu mengimplementasikannya dengan baik di kelas. Workshop ini adalah salah satu langkah penting dalam proses tersebut," ujar kepala sekolah.

Manfaat dan Dampak Workshop

Workshop ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi para guru dan siswa. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang CP, TP, ATP, modul ajar, dan asesmen, para guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna.

Para peserta juga mengungkapkan apresiasi mereka terhadap workshop ini. Mereka merasa mendapatkan banyak ilmu baru dan inspirasi untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka.

"Workshop ini sangat bermanfaat. Saya belajar banyak tentang cara menyusun rencana pembelajaran dan modul ajar yang lebih baik. Saya juga lebih memahami pentingnya asesmen dalam pembelajaran," kata salah satu peserta.

Penutup

Workshop tiga hari yang diadakan di SDN Pangarangan III ini merupakan langkah konkret dalam memperkuat kurikulum nasional dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan bimbingan dari Widayanti, para guru mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai aspek penting dalam pembelajaran. Diharapkan, hasil dari workshop ini dapat diimplementasikan dengan baik di sekolah-sekolah, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa.



Hashtags: #KurikulumNasional #PendidikanIndonesia #WorkshopGuru #CapaianPembelajaran #ModulAjar #Asesmen #WidayantiMPD #SDNPangaranganIII #Sumenep #TahunPelajaranBaru

0 Comments