SDN Pangarangan III Sumenep Gelar Semarak Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan Meriah

Sumenep - SDN Pangarangan III Sumenep sukses menggelar acara Semarak Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Sabtu, 22 Juni 2024. Acara yang berlangsung dari pukul 07.00 hingga 11.00 WIB ini dilaksanakan di halaman sekolah yang beralamat di Jalan Urip Sumoharjo 25, Sumenep. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertujuan untuk memperkuat karakter dan nilai-nilai Pancasila pada diri setiap siswa.

SDN Pangarangan III Sumenep Gelar Semarak Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan Meriah


Kegiatan Beragam, Antusiasme Tinggi

Semarak Akhir Tahun Pelajaran ini menghadirkan berbagai kegiatan yang menarik dan mendidik, seperti pameran karya kelas, aksi panggung, outbond, dan permainan tradisional. Sejak pagi hari, suasana sekolah sudah ramai dengan kedatangan siswa beserta orang tua mereka yang tampak antusias untuk mengikuti rangkaian acara yang telah dipersiapkan dengan matang oleh panitia.

Ach. Holili Sutejo, selaku Ketua Pelaksana, menyampaikan bahwa acara ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan hiburan kepada siswa, tetapi juga untuk menampilkan hasil karya dan kreativitas mereka selama satu tahun pelajaran. "Kami ingin memberikan ruang bagi anak-anak untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari dan ciptakan. Selain itu, kegiatan seperti outbond dan permainan tradisional diharapkan bisa mempererat kebersamaan dan kerja sama di antara para siswa," ujarnya.

Pameran Karya Kelas dan Aksi Panggung

Kegiatan pertama yang menjadi sorotan adalah pameran karya kelas. Setiap kelas menampilkan berbagai hasil karya yang telah dibuat selama satu tahun pelajaran. Mulai dari lukisan, kerajinan tangan, hingga proyek sains sederhana, semua dipamerkan dengan bangga oleh para siswa. Orang tua yang hadir juga tampak kagum melihat hasil kerja keras anak-anak mereka. Pameran ini menjadi ajang apresiasi bagi siswa atas usaha dan kreativitas mereka dalam menghasilkan karya yang luar biasa.

Setelah pameran, acara dilanjutkan dengan aksi panggung. Di sini, para siswa menampilkan berbagai pertunjukan seni seperti tari, drama, dan musik. Setiap kelas diberikan kesempatan untuk menampilkan kebolehan mereka di atas panggung. Suara sorakan dan tepuk tangan meriah dari penonton semakin menambah semangat para siswa yang tampil. Beberapa penampilan yang paling mencuri perhatian adalah drama bertema kebangsaan dan tarian tradisional yang dibawakan dengan penuh semangat dan keceriaan.

Outbond dan Permainan Tradisional

Selain kegiatan seni dan pameran, acara outbond juga menjadi salah satu kegiatan yang paling dinanti-nantikan oleh para siswa. Berbagai permainan yang dirancang untuk melatih kekompakan dan keberanian diikuti dengan penuh antusiasme. Misalnya Lomba Tapak Pulau disambut dengan keceriaan oleh para peserta. Kegiatan outbond ini tidak hanya memberikan kesenangan tetapi juga mengajarkan nilai-nilai penting seperti kerja sama tim, keberanian, dan ketekunan.

Tak kalah seru, permainan tradisional juga dihadirkan untuk mengisi acara ini. Permainan seperti congklak, catur, halma, dan lompat tali menjadi ajang nostalgia bagi para orang tua sekaligus memperkenalkan budaya lokal kepada generasi muda. Melalui permainan tradisional ini, siswa diajak untuk mengenal dan mencintai warisan budaya Indonesia yang kaya dan beragam.

Pesan Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SDN Pangarangan III, Zainal, S.Pd., dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas terselenggaranya acara ini. Menurutnya, Semarak Akhir Tahun Pelajaran ini merupakan momen yang sangat dinantikan oleh seluruh siswa setelah melalui satu tahun penuh dengan belajar dan berbagai kegiatan akademik.

"Acara ini digelar untuk menyenangkan hati para murid. Acara ini ibarat Hari Raya bagi mereka setelah satu tahun belajar. Sekaligus penanda pembagian raport dan kenaikan kelas," ujar Zainal, S.Pd. Beliau juga menekankan pentingnya acara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras siswa dan guru selama satu tahun pelajaran.

Zainal, S.Pd. berharap melalui acara ini, siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan terus mengembangkan diri. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, guru, dan orang tua yang telah berpartisipasi dan mendukung acara ini sehingga dapat berjalan dengan sukses dan meriah.

Kesimpulan

Semarak Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024 di SDN Pangarangan III Sumenep bukan hanya sekadar acara penutup tahun ajaran, tetapi juga menjadi ajang untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, kreativitas, dan cinta terhadap budaya lokal di kalangan siswa. Dengan beragam kegiatan yang edukatif dan menyenangkan, acara ini berhasil memberikan pengalaman yang berharga bagi seluruh siswa dan orang tua.

Keberhasilan acara ini juga tidak lepas dari peran serta dan dukungan semua pihak, mulai dari kepala sekolah, panitia, guru, hingga orang tua siswa. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan kualitasnya di masa mendatang, sebagai bagian dari upaya membentuk generasi muda yang berkarakter, kreatif, dan berbudaya.

SDN Pangarangan III Sumenep telah menunjukkan bahwa pendidikan tidak hanya tentang belajar di dalam kelas, tetapi juga bagaimana memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi siswa. Semoga semangat yang ditunjukkan dalam acara ini dapat terus menyala dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadakan kegiatan serupa.

#panggabikinbangga

 

0 Comments