SDN Pangarangan 3 Sumenep Gelar Pelepasan Siswa Siswi dengan Tema 'Mamolanna Pangesto

Sumenep - SDN Pangarangan 3 Sumenep menggelar acara pelepasan siswa siswi tahun pelajaran 2023-2024 dengan tema "Mamolanna Pangesto," yang dalam bahasa Madura berarti "Bermulanya Keberkahan." Subtema acara ini adalah "Adab sabellun elmo" (Adab sebelum ilmu) dan "teggep parjuga" (Tegak Berwibawa), menekankan pentingnya adab sebagai landasan ilmu pengetahuan dan kewibawaan.

SDN Pangarangan 3 Sumenep Gelar Pelepasan Siswa Siswi dengan Tema 'Mamolanna Pangesto
Sumber gambar: rri.co.id

Acara tersebut dihadiri secara virtual oleh Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I., yang menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para siswa siswi yang telah lulus, disertai doa agar mereka terus berprestasi di masa depan.

Selain itu, beberapa tamu undangan yang turut memberikan dukungan namun tidak dapat hadir secara langsung adalah:

- Kepala Dinas Pendidikan, Agus Dwi Saputra, S.SOS., M.SI.

- Kabid SD, Ardiansyah Ali Shochibi, ST., MT.

- Kabid GTK, Akhmad Fairusi, S.PD., M.A.P

- Kepala Dinas Kominfo, Indra Wahyudi, ST.,MI.

- Kepala Puskesmas, drg. Novia Sri Wahyuni, M.Kes.

- Pengawas Bina SD, Nurdian Nzuliyati, S.Pd. dan Sya'adah, M.Pd.

- Ketua Komite, Rahman, S.H., M.H.

Yang menjadi sorotan utama dalam acara tersebut adalah prosesi "Semba Songkem," di mana para siswa berjalan jongkok seperti adat keraton kemudian mencium lutut orang tua di atas panggung. Orang tua memberikan restu dan doa dengan mengelus kepala, menyentuh bahu, serta mencium kepala anaknya. Prosesi ini diakhiri dengan merangkul anak dan mengantarkannya ke arah kepala sekolah untuk pengalungan kelulusan.

Sebagai syarat kelulusan, setiap siswa mendapatkan sertifikat adab dari gurunya. Sertifikat ini menunjukkan bahwa mereka tidak hanya lulus dalam hal akademik tetapi juga dalam beradab, sesuai dengan pedoman yang ditulis oleh Ketua Pelaksana S. Herianto dalam Kitab Adab Murid kepada Guru. Kitab ini menjadi panduan dalam membudayakan adab di SDN Pangarangan 3.

Dengan kerjasama dari Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep, acara pelepasan ini juga disiarkan secara online (live streaming), sehingga bisa diikuti oleh orang tua dan masyarakat luas yang tidak dapat hadir secara langsung.

"Ini adalah momen yang sangat bermakna bagi kami semua, di mana adab dan ilmu disatukan untuk membentuk generasi yang berwibawa dan berbudi pekerti luhur," ujar S. Herianto, ketua pelaksana acara. 

Acara pelepasan siswa siswi SDN Pangarangan 3 Sumenep ini berjalan dengan khidmat dan sukses, memberikan kesan mendalam bagi seluruh hadirin dan para siswa yang lulus. (Sh)

0 Comments